Yudisium Gizi Kesehatan FKUB

Akhirnya..
Finally…

Telah dilaksanakan
“Yudisium Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang”
Gelombang II. Periode: 1 Desember 2008
di Gedung ‘Baru’ FK lt. 6.. pada pukul 10.30 WIB..
Yang di ikuti oleh 12 orang dengan rincian 11 orang dari Gizi Program A (Reguler) dan 1 orang dari Gizi Program B (Alih Jenjang).

Berikut adalah para peserta yudisium gelombang ini..

Yudisium Gizi 1 Desember 2008
Yudisium Gizi 1 Desember 2008

Ki-ka : Erna, Retno, Tri, Halleyda, Nina, Hadiyah, Nisa, Amalia, Achan, Icha + Dyna (ga kliatan soalnya dia yang ambil potonya. hehehehe.. :P)

Fyuh… Ga terasa dah 4 tahun lebih 4 bulan aq kuliah. dengan perjuangan yang cukup keras juga untuk melawan kemalesan, akhirnya aq dapat menyelesaikan Tugas Akhir ku juga. Alhamdulillah.. aku sudah memperoleh gelar sarjana..
Acara yudisium tadi berlangsung dengan lancar dan cepat. acaranya berupa penyerahan Surat Keterangan Lulus yang diberikan oleh Pak Dekan. Alhamdulillah juga aq dapet IPK 3,xx .. 😀

Setelah selese yudisium qta langsung ke bagian akademik untuk mengambil berkas pendaftaran wisuda. moga aja qta semua bisa wisuda bareng2. denger2 katanya akan diadakan wisuda lagi pada bulan Januari. tapi untuk waktu pastinya sih blom tau..

Wah.. setelah ini perjuangan bakal lebih berat lagi nih.. bersiap-siap untuk menjadi job seeker. semoga segera dapat pekerjaan yang sesuai. trus ya gitu deh… hihihihi.. 😛

Selamat bagi para peserta yudisium..
Keep in touch ya guys… ^^

First night at Batu

Di malang hujan tiada henti-hentinya.. dari malem mpe sore besoknya ujan terus..tapi itu tidak menyurutkan niatku untuk packing buat berangkat ke batu hari itu.. klo ga berangkat bisa gawat nih klo nda lulus mata kuliah yg 3 sks ini. hehehehehe.. 😛

Sore jam setengah 3 aku udah siap buat berangkat ke betek. barang bawaan sangat banyak sekali. mulai dari tas ransel yg gede banget (tas carrier), trus ransel biasa, laptop, ama kresek isi selimut n boneka macan. berhubung bapak ndak bisa nganterin. jadinya ya retno dianterin mas Sayang pake mobil rumah.. 😀
Sebelum berangkat ke batu. aku jemput temenku dulu yang rumahnya di batu. bawaan erna banyak juga. baru setelah itu kita ke kampus. soalnya anak-anak yg laen dah pada nuggu di kampus. fyuh.. bagasi belakang panuh barang banget. ama kursi belakang separonya penuh barang2 + heri yg duduk di bangku belakang. bangku tengah di isi Uphil, Erna, n Kanthi. Retno duduk di depan samping pak kusir yg sedang bekerja.. Oopss salah ding.. bukan pak kusir tapi hunny bunny.. hihihihihi.. 😛
Biez itu lewat sumbersari mampir dulu di kost-an si Nina. dia nitip barang bawaannya. kan dia naek motor.. jadi bakal ribet klo bawa sendiri. Setelah semua personil + bawaannya lengkap, meluncurlah kita ke Batu khususnya ke Desa Torongrejo..

Nyampe di Torongrejo kita langsung menuju ke rmh Mb Shanty. rumah yang bakal kita tempatin selama 3 minggu ke depan. dateng barang2 diturunin semua. dan pembagian kamarnya yt kamar pertama : kanthi, uphil, erna, noy’, nina n kamar kedua : retno, dwi, hadiyah, gita, ika (tapi ika n gita lom dateng cz masih dlm suasana natalan) n kamar ketiga cm di isi ma heri doank.

Ga berapa lama setelah kita nyampe yaitu sktr jam stgh 5 an datenglah pak Doddy si supervisor kita. beliau dateng trus nerangin ke kita langkah2 apa saja yang harus kita kerjakan di desa ini dan menambah tugas yang banyak buat kita. Selain banyak sekali POA yang harus dirombak. kita pun disuruh membuat POA pribadi. dan masih banyak lagi. Tambah pusing ajah..
Setelah itu kita pun berdiskusi dan makan malam. Diskusi selesai sekitar jam 10an lebih. setelah itu baru kita bobo di kamar masing-masing..

Btw, batu juga ujan terus kayak di malang. jadinya dingin banget euy.. bobonya harus pake selimut terus. pake jumper + kaos kaki. tapi sebelum bobo teuteup absen dulu ama pak bos tersayang. kita telpon ya mpe bobo gitu.. tapi di malam pertama ini retno lom bisa bobo dengan nyenyak. dikit2 kebangun. apa masih adaptasi gitu yah…

Hun, klo ke sini bawa pringles yah..
😛

Welcome to Batu.. :D

Hari ini hari efektif dimulainya mata kuliah PIPPG 2. dan kita semua harus sudah (sebetulnya) mengungsi ke desa masing-masing di Batu untuk bersosialisasi dengan masyarakatnya. Tapi sebelumnya kita kumpul dulu di Puskesmas Beji untuk ngadain pertemuan untuk mempresentasikan program-program kita di desa di depan para undangan dari perangkat desa masing-masing, kantor kecamatan, bidan desa measing-masing, serta orang dari puskesmas itu sendiri. dalam presentasi tersebut, kita mendapatkan saran dan kritik dari para “petinggi-petinggi” tersebut. dan alhamdulillah, program kelompokku (desa Torongrejo) insya Allah dapat berjalan semua.
Setelah itu sekitar jam setengah 1 kita semua berangkat ke desa masing-masing. dan aku ke desa Torongrejo. serasa mendaki gunung lewati lembah, lihat sawah-sawah dan gunung-gunung gitu deh dan sampai lah kita di balai desa Torongrejo. sesampainya di sana kemudian kita membicarakan apa-apa aja yang akan dilakukan siang ini. kemudian dilanjutkan dengan sholat trus maem deh. biez itu kelompokku dibagi jadi 2 untuk ke pak Kades dan ke bu Bidan.

Untuk tempat tinggal selama di desa, kita menumpang di rumah salah satu warga. rumah tersebut merupakan rekomendasi dari pak Kades. tapi mahal bgd euy. orangnya kayaknya komersial banget tuh. maunya sih mempraktekkan jiwa wirausahanya tapi kok tidak berjiwa wirausaha sama sekali yak.. 😛

Di rumah itu kita menyewa 2 kamar dengan harga awal sekitar 660 rb untuk 20 hari. dan menurut temen-temen saya yang para anak-anak in de kos. harga segitu itu mahal bgd. akirnya setelah perjuangan yang cukup lama juga akhirnya harga pun turun menjadi setengahnya yaitu 300 rb untuk 2 kamar selama 20 hari. lumayan lah.. 😀

Tapi klo liat kondisi rumah sih bakalan kangen banget ama rumah nih. rumahnya kotor euy. jadi di dalem rumah pun kita juga pake sendal gitu. dah gitu kamarnya ga ada jendelanya lagi sehingga ventilasinya kurang dan serasa lembab gitu deh.Untuk kamar mandinya ada di luar rumah induk. klo malem-malem mo pipis gimana yak.. Hiiii… Seremmm…. :-SS

Yah.. itu sepintas gambaranku waktu hari ini ke sana. moga-moga aja aku di sana tar bisa aku nikmati aja lah.. semoga aku di sana juga menemukan banyak hal baru. tapi yang jelas aku bakal merindukan hunny-ku. i’ll miss you yank.. tapi klo sempet (disempet-sempetin) retno mo pulang ke rumah n ketemuan ama mas yah (harus bisa.. awas klo ndak..). Hehehehehe… 😛

PKNM..??

PKNM? Apa pula itu? hehehehe
PKNM = Program Karya Nyata Mahasiswa. Bisa juga disebut KKN. namun setauku kan yang namanya KKN biasanya orang-orang 1 universitas, jadi beberapa fakultas digabungin jadi satu gitu. nah, klo PKNM tuh sebatas fakultas kedokteran ajah. tapi tetep aja kelompoknya merupakan gabungan dari 3 prodi yang ada di FK yaitu pendidikan dokter, gizi kesehatan, dan keperawatan.
Waktu pelaksanaan PKNM lebih singkat jika dibandingkan dengan KKN. dalam PKNM hanya 10 hari. dan aku juga masih lom tau tar tempat PKNMnya mo dimana. Masih GJ (Ga’ Jelas) gitu deh.. 😛
Sebelum pelaksanaan PKNM semua mahasiswanya diberi pembekalan dulu sebanyak 2,5x dan ujian pembekalan..
Gila banget euy.. Bonek banget deh. besok ujian, eh, aku ga da buka handout bahan ujian PKNM sama sekali. rencanya sih besok aja pas di kampus bacanya. eh, malah klo di kampus ketemu ma temen-temen yang ada mah juga nge-gosip. huehehehehe.. 😛
Bieznya rasanya dah males bgd mo belajar lagi. kan kmrnnya abis ada ujian nutricare. dimana otak dah lelah jika harus menerima bahan lagi. akhirnya yang ada semalem aku maenan laptop, chatting ama mas Sayang, trus bobo deh..
Besoknya baru deh bingung blom belajar sama sekali.. hehehehe.. 😛
Pembekalan kita terakhir tentang kewirausahaan tempatnya di RKB. trus ujiannya baru deh kita balik lagi ke kampus FK, esp. GM buat ujian PKNM..
Buah duku buah kedondong bgd.. Bonjrot dong.. aku blom belajar gitu..
Ya wes lah.. Bondo nekat ae wes. mbuh nanti hasile piye. tapi ujian PKNM ini dah cukup membuatku semakin ilfil aja buat ikut PKNM. cape deh… :-<

PIPPG di Batu

Tinggal menghitung hari aja aku bakal mengungsi ke salah satu desa di Batu, khususnya desa Torongreja buat implementasi dari matakuliah PIPPG (Perencanaan Implementasi Program Pelayanan ato Perbaikan Gizi yaaa… hehehehehehe).

Qta tinggal di sana sekitar 3-4 minggu. Yah mungkin buat aku itu udah terlalu cukup lama untuk tidak berada di rumah. aku sendiri juga binun aku mau ngapain di sana. walo ya jelaslah dah diterangin bahwa salah satu contoh kegiatan qta di sana memberi penyuluhan. ya tetep aja ga dong napa harus tiap hari bobo di sana. Desa torongrejo dibagi jadi 3 dukuh, dimana satu dukuh dengan dukuh yang lain jauh banget. ga mungkin deh klo kita harus jalan, ngesot kali yee… huehuehuehuehue… namun ada cerita laen, katanya sih di desa Torongrejo itu dulu angka kriminalitasnya 40%. walo katanya juga sekarang sih kriminalitasnya dah turun. tapi tetep aja kedengeran horor buatku.. Hiiii.. :-SS
Aku juga binun, hal wajib apa yang kudu aku bawa. tapi kayaknya yg jelas sih aku bakal bawa laptopku ini. klo da laptop mungkin kayaknya rasa bosenku bisa terkurangi. aku bisa maen game, aku bisa baca komik naruto, aku bisa nonton naruto, aku bisa nyicil ngerjain hasil dan pembahasan TAku, dll. Tapi yang bikin rada nge-bete in aku bisa-bisa jadi jarang ketemu ama sayangku. padahal aku ga bisa klo lama ga ketemu. bawaannya pasti jadi cengeng. Lah wong ketemu tiap hari ajah masih cengeng. hehehehehe…. 😛

Ya kata temen sekolompokku sih kita buat have fun aja..
ya moga-moga kita bener-bener bisa have fun di sana..
(-_-!)

Minggu tenang ga tenang

Minggu ini masuk juga hari minggu tenang sebelum ujian. tapi ya gitu deh, namanya ajah yang minggu tenang cuman jadinya ga tenang. kudu belajar lah, kudu baca handout kuliah lah, kudu baca buku kuliah lah… ya iya lah… namanya juga mo ujian. masak mo ujian ga belajar. klo gituh gimana mau dapet IP bagus. iya ga sih… :P. tapi selain itu masih tetep ajah yang nyusahin. tugas dari dosen yang rasanya mpe minggu tenang gini tetep ga ada abisnya ajah…
Fyuh… Capeekkk deh… 😀
Lagian retno pengen lulus tepat waktu gituh for many reasons lah.So, semangat retno… Ganbatte…!!! 😀
Ujian dimulai tanggal 2 januari ampe 2 minggu kmudian. duh, jadinya ga bisa tahun baruan deh [lagian mo tahun baruan kemana yakzz, palingan sama bapak ibu jg ga boleh keluar. :(] jadinya ya dipake buat belajar aja deh [kayaknya sih :P]
Hari pertama minggu tenang, hmm….. what should i do yah…?? yapzz… aq mo ngerapiin meja belajar aja deh sekalian ngerapiin handout + buku kuliah biar enak tar belajarnya. Truss… Nyuci + nyetrika baju. baru itu belajar deh. belajar.. belajar… biar IPnya naek trus bisa liburan.
Pengen ke jogja… [moga” boleh deh..] tapi kemaren tuh mas Agung nelpon, mas Agung bilang klo retno ma ibu disuruh liburan ke banjarmasin ajah. pengen banget seh… kan retno ke kalimantan baru ke pontianak ajah, blon pernah ke banjarmasin. tapi jadi ndak yah…. yah masih sekedar rencana ajah sih.. but moga” beneran :D. i hope so lah… 🙂

Capek Deh…

Wah… hari ini tanggal 12 Desember yah… hmmmm…. Happy Birthday To Mbak Tutik deh… Moga” panjang umur, sehat selalu, semua harapan n cita” mbak Tutik dikabulkan oleh Allah. Wish you all the best my sister. Amien… Mwah.. *hehehehehe*. Btw, kapan neh mbak bikin adek buat raisya? klo bisa cowok ajah. biar sepasang ama raisya. kan juga dah ada advanced woman calendar. jadi bisa diplannning dulu kan. hehehehehehe 😛
Kuliah hari ini full juga deh. dari jam 10.30 ampe jam 15.00. tapi retno jam 8 dah ke kampus. bieznya janjian ma anak” buat ngerjain tugas n memplanning hal-hal apa ajah yang harus dilakukan pas ke PT. Otsuka besok rabu ini.
kuliah yang pertama selese jam 12.30 tapi jam 1 ada kuliah lagi. Duh, ngantuk deh kuliah siang”. jadinya istirahat tuh tadi retno sholat dulu trus baru maem di mie jakarta. padahal dah jam 1 loh n temen” dah pada miskolin ke hp [miskol ke hp ne menandakan klo dosennya dah dateng]. tapi kita [retno, nila, nanda, erna, uci, iin, hadiyah, ifah, sastri, ima, dyna, eni, izza, reni) mah cuek ajah tetep ngelanjutin maem mie jakartanya. mo gimana lagi gitu loh. panggilan dari dalem perut seh. daripada ga diisi trus starvasi trus hipoglikemi trus ga bisa konsentrasi dengerin dosennya giman hayo… *ah, alesan ajah neh. hehehehehe :P*
Yah… sekitar jam setengah 2-an bu dosennya baru mulai kuliahnya. Aaww… ngantuk mulai menyerang. gimana neh..?? yah, untuk menghilangkan kantuk retno jadinya kipas *ne gara” hawanya yang panas* ma becanda ma temen”. hehehehehe 😀
Selese kul jam 3 kurang dikit. Retno langsung pulang ke rumah. bieznya kyknya mo ujan.. retno pulang itu dah gerimis kecil”. ampe rumah langsung deh ngerjain tugas laporan praktikum tikus yang besok harus dikumpulin. Duh, banyak banget ne yang kudu ditulis dilaporan. Capek deh…
Yah… tapi ada yang nemenin juga neh. jadi bisa maen” ma dia. Yapzz.. yang nemenin retno namanya Sparky, kucing retno neh. Lucu banget loh. hehehehehe 😀
Tapi ga lama trus ibu maen juga di kamar retno. ya ngobrol” gitu deh. Ibu cerita tentang mbak Upik [ne kakak ipar retno yang biez dari lombok]. wah, retno dapet oleh-oleh euy. kata ibu seh mbak Upik beliin anting-anting mutiara buat retno. jadi ga sabaran buat make anting-antingnya :P. Ya… selain itu banyak juga sih yang diobrolin retno ma ibu. mulai topik dari Sparky ampe topik nomer asing yang suka sms” ga jelas [next episode neh] 😀
Ya jam 5 sore ibu turun ke bawah ama sekalian bawa si Sparky bieznya bapak baru pulang dari kantor *wah, mau menyambut bapak ya Bu.. suit..suit.. hehehehehe*
Sepanjang sore ampe malem ini retno penuh dengan tugas bikin laporan. Fyuh… Banyak banget euy. Capek deh… alhamdulillah sekarang laporannya dah selese. besok tinggal dikumpulin deh.
Dah dulu deh ceritanya. lagi nungguin telpon *sambil liatin hp* dari mas 😛

Wah… Bisa Gila Ini… :P

Huh… Hari ini capek banget deh. seharian dari pagi ampe sore ga ada abisnya ne kuliah. Dah selese kuliah eh, masih ada praktikum. Oh NO…!!! i hate praktikum mata kuliah ini.
Selese kuliah sekitar jam 9. praktikum masih jam 11. nah, nggangur 2 jam gini daripada bengong, retno ma temen” ada nila, ima, dyna, eni, izza, n dwi sepakat buat jalan-jalan ke widyaloka. katanya seh di situ ada pameran yang diadain ama anak” THP. hmm… ternyata pamerannya sih biasa ajah *ooppzz… maaf klo ada yang ngrasa*. tapi emang ada yang unik juga sih yang dijual di situ. misalnya ada telur asin rasa soto, kare, n bakso. klo beli 5000 perak dapet 3 biji telur. waktu itu retno sempet ngerasain yang rasa soto. ya telurnya emang rasa soto sih. gimana ya dia masukin bumbu sotonya ke dalam telur *thingking neh*. masak bumbunya disuntikin ke dalam telurnya. hmmm…. wanda deh. kmrn ga sempet nanya *bieznya lagian retno ga tau stand mana yang jualan ntuh telur. Hehehehehe :P*
Di pameran retno ketemu ama mas Wahyu. ya kita sempet ngobrol” bentar. dah lama banget euy ga pernah ketemu ama dia 🙂
Yah setelah puas puter” di widyaloka, sekitar jam 11 kurang 15 akhirnya kita balik lagi ke kampus coz mo ada praktikum. Duh, males banget deh rasanya praktikum mata kuliah ini. bikin bete gitu loh… 🙁
Bieznya waktu praktikumnya bener” ga bisa diprediksiin kapan selesenya. masa’ pernah waktu itu praktikum lamanya ampir 6 jam. dari jam 9 pagi ampe jam 3-an sore. Wah… Bisa gila ini. kemaren juga menurut jadwal seh praktikumnya selese jam 1 trus 30 menit buat diskusi. jadi jam setengah 2 kita dah bisa pulang. but in fact praktikumnya selese jam setengah 3 trus diskusi. jadinya kita baru pulang jam 3. Wakzz..!!! molor apa kolor neh kok molornya ampe 1,5 jam ndiri. wah ga disiplin neh. Ck..ck..ck… piye.. piye… Capek deh…
Rencananya seh biez praktikum mo langsung nonton volly. tapi berhubung dah capek banget lagian dari pagi ampe sore blom maem euy *hikzz…hikz…* jadinya ya mending langsung pulang aja deh. bisa maem di rumah trus bisa istirahat bentar. biar tar malemnya ga capek banget buat ngerjain tugas.
Yaa.. syukur lah team volly kita baik cewek maupun cowok menang semua. 😀
Good luck ya prendzz… ^_^

Field Study @ PT. Otsuka

Wah.. Hari ini bisa jalan” ke Otsuka (pabrik infus, pocari sweat, etc ntuh loh)
tapi, klo yang di Lawang ini lebih ke pabrik infus, ampul, dll. klo yang pocari sweat sih Otsuka yang di Sukabumi.
Yaa… Tadi berangkat bareng” berenam dari kampus sekitar jam 10-an gituh. Oopss… tapi misi ini ga bakalan sukses klo ga ada pak boss satu ini. So, our mission is featuring mas Sapto juga. Behind the scene gituh kyk di pilm”. Hihihihi 😛 *^:)^ maap ya mas merepotkan lagi*
Departure time-nya 10 a.m dari gerbang belakang UB
Ugh.. it’s a long n winding road. Dah gitu di daerah mo ke arjosari rada macet gara” ada proyek fly over. Perjalanan sedikit terhambat *maybe* but, finally nyampe juga di Otsuka [sekitar jam 11-an kali].
Biez itu kita baru masuk ke lokasi pabrik Otsuka. Di sana kita bertemu dengan Pak Pararuk [orang dari bagian GA] dan Pak Idi [orang dari bagian HRD]. Beliau” ini lah yang sepanjang field study yang menjelaskan tentang apa saja yang ada di Otsuka [sebetulnya seh sesuai dengan data yang kita butuhkan untuk tugas dr dosen].
Sehabis jumatan wawancara pun akhirnya selese juga. Dan kita pun dijamu makan siang oleh pihak Otsuka. Retno ga ikutan maem coz mo pulang duluan [didukung ma temen” juga seh] *makasih banyak ya temen”*. Tapi hp-nya retno disita ma anak” katanya buat poto” gituh *ooww my hp… :(*
Yah… akhirnya aku pun meninggalkan Otsuka deh. Perjalanan pulang sangat menyenangkan. Walaupun di jalan sangat berdebu, banyak asap kendaraan, n rada mendung. but, it doesn’t matter.
Retno laper [gara” blom sarapan juga kalii…]. Pulangnya kita mampir dulu di oro-oro dowo buat beli gado-gado. Gado-gadonya mantab boo…!!! Porsinya banyak + rasanya pun enak. Hufh… Kenyang banget rasanya maem ntuh gado-gado.
Nah, klo perut dah keisi kayak gini ngantuk pun dateng. yah… klo ini mah semua orang dah pada tau. hehehehehe :D.
Eniwei… i’d really thank to my special person who always helps me in every my situation. Makasih banyak ya mas…
…”Sarang”… *in Korean*

Oh No..!!!

Ya ampyun…. Retno aw aw banget deh. Masak lupa klo pagi ini ada kul jam setengah 8. Bieznya ta kirain masuk jam 8. Jadinya ya nyante” dulu di atas tempat tidurku yang empuk ama maenan si Sparky… oh No…!!!! ternyata aq dah bolos kuliah sodara”. Duh… napa sisi palupi ku kok tambah naek ya stadiumnya… 🙁

Hmmm…. mandi dulu ah.. Mo ngecengin bapak” yang ada di PT. Otsuka Lawang… Hwekekekekeke :)) . [ndak kok mas… retno just kidding.. :P]. mo nyari data di Otsuka.

It’s gonna be a long long journey deh… 😀